Saturday, August 23, 2014

Hakikat Cinta

Hakikat Cinta
Oleh : Rafi Ferliadi

Cinta. Sebenarnya apa makna cinta? Aku sendiri tak bisa menerjemahkannya dengan kata-kata. Kata orang cinta itu buta. Benar juga karena cinta tak memiliki mata. Ada lagi yang mengatakan cinta adalah roman sejoli yang berasmara. Sejoli maksudnya? Padahal cinta memiliki arti seluas samudra. Cinta harta misalnya. Bila kata ‘cinta’  diartikan roman sejoli yang berasmara. Lantas yang bertindak sebagai sejoli itu berarti ‘dia’ dan harta? Dia dan harta sedang berasmara. Sedang menebar buih-buih cintanya. Dasar, orang gila.
            Kalau menurut saya, hakikat cinta sebenarnya adalah mengasihi Sang Pencipta. Engkau terlahir di dunia karena-Nya. Lantas engkau tumbuh dewasa, sudah mengenal angka, bahasa, hingga asa,. Apa kau sanggup tidak mencintai setulus rasa?  Kau hanyalah seorang manusia biasa. Yang turut menumpang di dunia. Kapan saja, Allah SWT bisa mengusirmu dari semesta. Nyatanya, Allah SWT telah mengutus malaikatnya untuk menjaga. Memang manusia saja yang belum kuat jiwanya, hingga iblis menjerumuskan dengan tipu daya.
            Kekasih. Sebenarnya apa makna kekasih? Lagi-lagi aku tak bisa menerjemahkannya dengan kata-kata. Anak-anak muda jaman sekarang berkata, “ Kekasihku, apa kau mau jadi pendamping hidupku?” Benar itu kekasih atau calon pendampingmu nanti? Sedang ia belum halal bagimu. Itu semua karena cinta. Lagi-lagi cinta. Inilah negeri yang fana’. Tak sedikit orang yang terjerumus di dalamnya.
            Pacaran? Sejak kapan orang-orang mengenal pacar? Siapa yang menemukannya? Lagi lagi, ini semua ulah cinta yang menggebu-gebu. Juga karena manusia bodoh yang terperangkap hawa nafsunya sendiri. Jodoh tak pergi kemana-mana. Asal kau mau mencarinya. Tentu jangan gampang putus asa. Tapi ingat, jangan pernah mempermainkan cinta, sebelum semua itu benar-benar halal.

            “Kalau kau mau main cinta, pertama cintai dulu Yang Maha Kuasa. Jika ‘dia’ sudah menjadi halal untukmu, jadikan nomor dua. Berikan cintamu dengan tulus karena ALLAH SWT semata.”


Tags : Hakekat Cinta ; Hakikat Cinta adalah ; Apa itu Hakikat Cinta ; Hakikat adalah ; Cinta adalah ; Hakikat cinta yaitu

2 comments: